Arsip Blog

Jumat, 24 Maret 2023

Koneksi Antar Materi 2.3 Coaching Supervisi Akademik

  


       Pemimpin sekolah yang terbaik adalah yang dapat mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi diri dan orang lain dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.Salah satu pendejkatan yang dilakukan adalah dengan coaching Coaching didefinisikan sebagai sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee (Grant, 1999). Elemen-elemen penting dari coaching adalah adanya  kemitraan, dijalankan dengan proses kreatif yang ditandai dengan Mengajukan pertanyaan berbobot.dan memancing ide-ide dari coche. Memfasilitasi pertumbuhan dari si coachee. dari posisinya sekarang kepada posisi yang lebih baik. Coaching bisa dilakukan dengan tujuan membantu orang lain mencapai mimpi dan keinginan di masa depan. Bukan berbicara masa lalu. Dengan jalan keluar yan dipilih oleh coachee sendiri. Sehingga dia komitmen akan yang dia pilih karena berasal dari dalam dirinya nukan dari kita selaku coach. 

          Refleksi saya Setelah pembelajaran coaching supervisi akademik ini saya mengetahui tentang perbedaan coaching dengan pendekatan lainnya serta mampu mempraktikkan alur coaching TIRTA. Setelah pembelajaran coaching supervisi akademik saya memahami bahwa coaching diperlukan agar mengoptimalkan potensi setiap individu dan mengembangkannya secara berkelanjutan. Setelah melakukan pembelajaran coaching supervisi akademik target saya berikutnya adalah mengimplementasikannya kepada murid dan rekan sejawat di sekolah. Perasaan saya Setelah melaksanakan praktik pembelajaran coaching supervisi akademik saya sangat senang karena mendapatkan pengetahuan dan ketrampian baru. Dimana dengan pengetahuan dan keterampilan coaching ini saya dapat lebih memahami murid. 

       Peran saya sebagai coach di sekolah  adalah membantu murid  untuk mencapai  tujuan dan pengembangan mereka melalui pendekatan yang tersusun rapi,  terbuka, berefleksi bersama  dan berfokus  pada solusi yang datang dari diri murid sehingga merasa dihargai.  bukan fokus pada masalah yang dihadapi. Juga  mengoptimalkan  potensi yang dimiliki murid. Menuntun murid menuju kebahagian hidup yang  baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat. 

    Kaitan materi coaching  dengan pembelajaran diferensiasi dan Keterampilan sosial dan emosional adalah sebelum kita melakukan  pembelajaran diferensiasi, kita harus mengetahui kebutuhan belajar murid. Menurut Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom kebutuhan belajar murid, terdiri  3 aspek. Yaitu Kesiapan belajar (readiness) murid,Minat murid dan Profil belajar murid. Di dalam mengenali ketiga aspek tersebut maka di dalamnya kita harus menggunakan pendekatan coaching. Agar dapat membantu mengenali potensi, bakat, minat, maupun kebutuhan dan kesiapan belajar murid. Dengan pendekatan coaching, diharapkan guru dapat menuntun murid dan menjadi among agar murid terpenuhi segala kebutuhannya dan diarahkan sesuai dengan kodrat alam dan zaman yang dimiliki setiap murid. Keragaman di dalam kelas melalui pembelajaran diferensiasi dengan pendekatan coaching akan membantu ,murid keluar dari permasalahannya. Dengan cara mengoptimalkan apa yang ada di dalam diri murid. Sehingga murid merasa berharga dan menjadi manusia yang percaya diri dengan  potensi yang dia miliki. Sedangkan kaitan coaching denganketramoilan sosial dan emosional adalah bahwa setiap murid mempunyai permasalahan dan emosinya sendiri-sendiri saat masuk ke dalam kelas. Dengan pendekatan coaching. Kita dapat mengimplementasikan keterampilan sosial dan emosional secara sempurna. Karena dengan coaching anak merassa tidak terbebani dan diperintah. Akan tetapi akan digiring kepada nilai-nilai  kebenaran yang telah ia yakini. Dengan coaching yang mempunyai komunikasi dua arah akan membantu murid meningkatkan  kompetensi sosial dan emosionalnya. 

                                                                                                                    Tapin, 25 Maret 2023 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...