Arsip Blog

Rabu, 07 Juni 2023

Koneksi antar Materi 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

 Koneksi Antar Materi
3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Oleh Rubiana Dewi, S.Pd.I


Perasaan saya setelah mempelajari modul ini adalah sangat senang. Karena dapat mengetahui tentang cara membuat program atau kegiatan yang berdampak positif bagi murid. Melalui diskusi eksplorasi konsep pengetahuan saya lebih dikuatkan lagi tentang bagaimana 7 lingkungan yang dapat membentuk kepemimpinan murid.

Intisari dari modul ini adalah bahwa kepemimpinan murid (student agency) dapat diciptakan dengan memberikan murid pilihan-pilihan. Yang dengan pilihan tersebut mereka merasa memiliki dan bertanggung jawab akan apa yang mereka putuskan. Sehingga dari hal- hal positif, kegagalan,dan kesalahan dapat menjadi pembelajaran yang positif bagi mereka ke depannya.

Keterkaitan modul ini adalah dengan filsafat pemikiran dari ki Hadjar Dewantara bahwa pengelolaan program haruslah bertujuan dan berasal dari kebutuhan murid. Tugas guru selaku pemimpin pembelajaran adalah menuntun murid melalui program yang berdampak positif. Untuk menyamakan tujuan dari semua pihak yang terlibat dalam sebuah program maka disatukan dalam visi dan misi sekolah. Melalui perannya guru penggerak akan menjadi penggerak komunitas dalam menciptakan program yang berdampak positif. Guru penggerak juga berperan mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah melalui program yang dilakukan. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk menciptakan program yang berdampak pada murid serta well being di lingkungan sekolah.

Dengan pengelolaan program yang berdampak positif bagi murid akan menciptakan budaya positif di lingkungan sekolah. Murid diberikan mengungkapkan pendapatnya sehingga meningkatkan keterampilan sosial dan emosional. Program yang dipilih pun mengakomodir kebutuhan murid. Keputusan - keputusan yang diambil dalam menentukan sebuah program juga diambil dengan penuh rasa tanggung jawab. Pelibatan dan penggunaannya serta memaksimalkan aset atau modal yang dimiliki sekolah.

Perspektif saya terhadap program yang berdampak positif pada murid adalah bahwa sebuah program yang diarahkan untuk kemajuan atau perubahan pada sekolah. Hendaklah diawali dari kebutuhan murid. Yang bertujuan untuk mencapai visi dan misi sekolah yang mewujudkan profil pelajar pancasila. Dalam membuat program tersebut hendaklah kita melibatkan murid melalui suara -suara mereka melalui dialog yang kita bangun dan rancang bersama mereka. Kolaborasi semua pihak yang terlibat di sekolah selalu aset sekolah. Sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah program. Dengan kolaborasi yang terbangun akan menciptakan well being di sekolah. Sehingga semua orang senang dan merasa memiliki terhadap perubahan dan pengembangan program sekolah. Program-program atau kegiatan sekolah haruslah direncanakan sebaik mungkin. Mulai dari perencanaan yang melibatkan murid, pelaksanaannya pun melibatkan murid serta evaluasi pun dilakukan atas kebermaknaan bagi murid. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...