Arsip Blog

Minggu, 04 Juni 2023

Eksplorasi Konsep 1.1 Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Eksplorasi Konsep

 1.1  Filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara 


Potret pendidikan Indonesia sejak zaman kolonial hingga kini
  • Adapun yang menarik dari video tentang pendidikan di zaman kolonial adalah bahwa pendidikan tidak merata diberikan bagi kita bangsa jajahan. Hanya orang tertentu saja, yang mereka anggap dapat membantu mereka dalam tugas-tugas mereka.
  • Tujuanpendidikan di zaman kolonial bagi bangsa pribumi hanya menulis dan membaca tidak lebih. Akan tetapi bagi bangsawan diberikan kesempatan yang lebih untuk mengenyam pendidikan. Dengan pendidikan yang diberikan, kesempatan ini tidak disia-siakan. Semakin bertumbuhlah rasa ingin merdeka dari penjajahan. Pendidikan di zaman kolonial bertujuan untuk mencapai cita-cita bangsa yaitu merdeka. lewat jalur pendidikan adalah salah satu cara menanamkan rasa patriotisme. 
  • Ada persamaan proses pembelajaran dahulu dengan sekarang yaitu sama sama bertujuan mencerdaskan bangsa dan mencapai cita-cita bangsa kalau dahulu bebas dari penjajahan kalau sekarang terbebas dari kebodohan. Perbedaan pembelajarannya adalah jika dahulu fokus pada pengetahuan sedangkan kini pada keterampilan 
Pendidikan adalah pembentuk kebudayaan. Berawal dari pendidikanlah maka semangat untuk mencapai kemerdekaan dikobarkan. Semangat itu sekarang adalah semangat memerdekakan bangsa Indonesia dari ketertinggalan.

Kerangka pemikiran KHD 
Pendidikan adalah tuntunan dalam hidup tumbuh nya anak-anak agar mencapai kebahagian setinggi-tingginya sebagai manusia dan anggota masyarakat. Cara mendidik diantaranya dengan memberi contoh, pembiasaan pengajaran dan pengalaman lahir dan batin. Permainan anak pada masa taman siswa adalah bagian dari lendidikan. Diantaranya metode mantesori, frobel dan Taman anak. 

Asas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Dalam mendidik ada sistem pamong dimana anak diberi kebebasan nemun pendidik sebagai pamong yang mengarahkan agar anak tidak salah arah dan membahayakan dirinya. mengarahkan anak agar bisa mengelola dirinya untuk hidup berdampingan dalam masyarakat. Menjadi pribadi yang mandiri dan bersifat terbuka terhadap perubahan. 

Dasar Dasar Pendidikan yang Menuntun
Ki Hadjar Dewantara mengingatkan bahwa pendidikan adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Anak diberikan arahan agar menyaring segala bentuk pengaruh dari luar. Anak harus mengutamakan kearifan lokal sosial budaya Indonesia. Yaitu dengan memiliki keterampilan abad 21 dengan tetap memegang teguh profil pelajar Pancasila. 

Kodrat alam dan Kodrat Zaman 
KHD menjelaskan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. . Bila melihat dari kodrat zaman, pendidikan saat ini  menekankan pada kemampuan anak untuk memiliki Keterampilan Abad ke-21 sedangkan dalam memaknai kodrat alam maka konteks lokal sosial budaya di mana murid tinggal. 

Budi Pekerti
Budi pekerti adalah buah dari pembelajaran. Keberhasilan sebuah pendidikan terletak dari Budi pekerti yang ditunjukkan. Selalu guru kita bertugas membimbing anak berbudi pekerti yang luhur yang memang sudah dimilikinya sejak lahir sebagai kodratnya. 

Interpretasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Sebuah perubahan dalam dunia pendidikan harus memperhatikan tiga hal, yaitu kodrat keadaan yang terbagi dua alam dan zaman. Tempat di mana anak tinggal akan berpengaruh kepada pribadi murid dan perkembangan zaman yang terus terjadi harus kita siapkan bagi anak agar dapat mengikutinya. Dengan selalu menjaga 3 asas perubahan trikon : menjaga akar budaya dengan dialog kritis, memanusiakan masyarakat dan menghargai keragaman. Perubahan yang dilakukan kepada nmanaknharus bersifat holistik agar tercipta kebijaksanaan. Berupa penajaman pikiran, penghalusan rasa, memperkuat kemauan dan menyehatkan badan anak. Semua tujuan pendidikan haruslah berorientasi pada murid. Murid adalah tujuan utama bagi kita pendidik. Sekolah yang bagus akan rusak. Akan tetapi seorang anak yang berhasil kita bawa sesuai kodrat alam dan zamannya akan menghantarkan kepada sebuah kebijaksaan. Mereka akan menjadi sosok mandiri dan berguna bagi sekitarnya. 

Refleksi 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...