Arsip Blog

Rabu, 24 Mei 2023

Demonstrasi Kontekstual 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

                                                     

                                           Demonstrasi Kontekstual 

3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Oleh Rubiana Dewi, S.Pd.I


Dasar filosofi KHD : 

Menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Menuntun murid agar mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui pembiasaan-pembiasaan baik. 


Poin/Komponen Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan : 

Mandiri dan berpikir kritis.


Karakteristik Lingkungan Pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang akan dikembangkan : 

Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya. 


Prakarsa Perubahan : 

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak melalui Program Kamis Literasi Belajar Sepanjang Hayat ( KAMIL BERJAYA)


Tahapan 


B - Buat Pertanyaan  Utama ( Define)

  • Pertanyaan utama dibuat untuk menentukan arah penyelidikan kekuatan/aset/potensi/peluang; mendefinisikan tujuan, memprovokasi atau menginisiasi perubahan (prakarsa). Biasanya hanya 1 atau 2 saja. Secara redaksional menyertakan dengan prakarsa perubahan yang telah ditulis.

  • Tindakan yang diharapkan pada tahap ini dapat dilakukan untuk menggalang atau membangun tim perubahan, mendapatkan dukungan, serta konfirmasi tingkat prioritas (urgensi) dari prakarsa perubahan yang dibuat


Pertanyaan : 

  • Mana kebijakan sekolah yang  mendukung peningkatan minat literasi? 

  • Bagaimana cara kita meningkatkan literasi peserta didik sekaligus membudayakan belajar sepanjang hayat bagi peserta didik? 


Tindakan yang diperlukan untuk menjawab jawaban : 

  • Observasi kegiatan literasi yang dilakukan kelas 4, 5, dan 6 

  • Memberikan pertanyaan- pertanyan terbuka untuk menggali minat literasi murid 

  • Diskusi bersama kepala sekolah, perwakilan komite, tenaga perpustakaan dan dewan guru terkait bagaimana meningkatkan literasi peserta didik.

  • Dialog dengan rekan kerja terkait program literasi yang menarik.


Rencana untuk Melibatkan suara/ pilihan/kepemilikan murid : 

  • Melakukan diskusi dengan kelas 4, 5, dan 6 tentang program literasi yang sudah berjalan selama ini.

  • Melakukan diskusi tentang hal apa saja yang dapat menarik minat mereka tentang literasi selama ini? 

  • Melakukan sesi dialog dengan murid  tentang pendapat mereka tentang kegiatan literasi di perpustakaan saat ini?


Aset/ Kekuatan yang Dapat Diberdayakan pada tahap ini : 

  • Kepala sekolah 

  • Dewan guru 

  • Tenaga Perpustakaan

  • Murid

  • Komite


Waktu :  

3 hari 


Penanggung jawab tahap ini : 

CGP Sendiri 


A - Ambil Pelajaran (Discover) 

  • Pertanyaan di tahap ini adalah pertanyaan-pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/ aset/potensi/peluang lewat kegiatan penyelidikan; mengidentifikasi/mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada, menemukan "inti positif". Tiap pertanyaan dibuat dengan hati-hati dan bernada positif.

  • Tindakan yang diharapkan pada tahap ini adalah apa saja yang dapat dilakukan untuk menggali fakta, memperoleh data, apakah lewat diskusi kelompok kecil/besar, survei/kuesioner, bagaimana melibatkan beragam dan berbagai pihak (multi unsur).


Pertanyaan : 

  • Program literasi sudah dijalankan selama ini di Perpustakaan sekolah. yaitu saat kunjungan murid ke Perpustakaan. Apakah kita perlu sebuah program literasi agar murid menjadi pembelajar sepanjang hayat ? 

  • Kegiatan apa yang dapat menarik minat literasi murid selama ini ?

  • Apakah dengan program literasi yang dilakukan serempak akan membuat murid bersemangat? 

  • Adakah  hari yang kosong untuk bisa dijadikan sebagai kegiatan program literasi?

  • Apakah kita bisa menggunakan buku-buku yang ada di perpustakaan sebagai  bahan bacaan untuk literasi murid? 


Tindakan yang diperlukan untuk menjawab jawaban : 

Menyebarkan angket terkait beberapa pertanyaan yang mengarah kepada program literasi yang diinginkan. 


Rencana untuk Melibatkan suara/ pilihan/kepemilikan murid : 

Memberikan angket untuk dijawab murid secara tertulis maupun lisan yang dilakukan wali kelas 


Aset/ Kekuatan yang Dapat Diberdayakan pada tahap ini : 

Kepala sekolah 

Perwakilan KOmite

Dewan guru 

Tenaga Perpustakaan

Murid


Waktu :  

3 hari 


Penanggung jawab tahap ini : 

CGP Sendiri 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Praktik baik Menciptakan Lingkungan Kaya Teks di SD Negeri Labung 1

Dokumentasi Pribadi Lingkungan Kaya Teks adalah sebuah konsep di mana lingkungan sekitar kita, terutama dalam konteks pendidikan, dipenuhi ...