Arsip Blog

Rabu, 28 Juni 2023

Program LOKAKARYA 7

 Program Kamil Berjaya 

Kamis Literasi Belajar Sepanjang Hayat SDN Antasari

Oleh : Rubiana Dewi, S.Pd.I 

Calon Guru Penggerak  Angkatan 7 SDN Antasari Kabupaten Tapin 


  1. Latar Belakang

Program Kamis Literasi Belajar Sepanjang Hayat ( KAMIL BERJAYA) merupakan kegiatan kokurikuler. Dilaksanakan setiap hari Kamis sebelum pembelajaran di mulai. 

Program ini dilatarbelakangi dari hasil rapor Pendidikan di SDN Antasari untuk capaian literasi di tahun 2023 adalah 56,25. Sehingga perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum. Melalui program literasi ini diharapkan dapat meningkatkan capaian kemampuan literasi di SDN Antasari.

  1. Tujuan

Tujuan Umum : Membentuk profil murid yang mandiri dan bernalar kritis. 

Tujuan Khusus : 

  1. Meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. 

  2. Membentuk peserta didik yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap    bacaan yang mereka pilih. 

  3. Melatih peserta didik untuk berefleksi terhadap kegiatan yang dilakukan. 

  4. Ajang menggali bakat dan minat peserta didik dalam bidang literasi.

  1. Kelengkapan Struktur Program

  1. Program ini melibatkan Kepala sekolah, Petugas Perpustakaan Seluruh dewan guru dan murid. 

  2. Lini masa Perencanaan 

  1. Program ini melibatkan Kepala sekolah, Petugas Perpustakaan Seluruh dewan guru dan murid 

  2. Lini masa Perencanaan. Melalui diskusi bersama murid dan dewan guru terciptalah program literasi. Dimana Sehari sebelum Pelaksanaan Literasi murid menyiapkan satu buku yang ingin dibacanya di kegiatan literasi. Bisa dari meminjam buku di perpustakaan atau membawa buku yang dia punyai dari rumah. Pelaksanaan 15 Menit sebelum Pembelajaran di Hari Kamis. Dipimpin satu guru untuk memandu kegiatan membaca bersama, setiap kelas dibimbing wali kelasnya masing-masing membaca di tempat murid inginkan apakah di beranda kelas atau didalam kelas sesuai keinginan murid. 15 menit berikutnya setiap wali kelas membimbing murid untuk mengisi jurnal literasi yang telah disiapkan yang berisi catatan Hari/tanggal judul buku dan isi buku yang dia baca untuk kelas 3,4,5 dan 6. Sedangkan untuk kelas 1 dan 2 menyebutkan kosakata baru yang dia temui dari buku yang dibaca. Satu bukan sekali diadakan nonton bersama film dokumenter / Mendengarkan kisah(Cerita) dari perwakilan murid /Guru. Tiga bulan sekali membuat satu karya sesuai bakat dan minat peserta didik. Tiap akhir semester semua karya akan dipajang di pameran hasil murid bersama produk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P 5). Potensi Tantangan yang dihadapi adalah ketersediaan buku yang masih belum bervariasi untuk kelas 1 dan 2. Bekerjasama dengan pihak Perpustakaan daerah untuk datang ke sekolah.

  3. Potensi Tantangan yang dihadapi adalah ketersediaan buku yang masih belum bervariasi untuk kelas 1 dan 2. 

  4. Pihak yang diajak bekerjasama adalah  Perpustakaan daerah untuk datang ke sekolah.

  1. Keterlibatan Komunitas 

Sumber daya yang akan digunakan untuk melakukan program dan pelibatannya dalam kegiatan adalah :

  1. Murid sebagai pegiat literasi dengan diberi kesempatan dan waktu untuk membaca buku yang dia sukai dan dia pilih sendiri. 

  2. Adanya perpustakaan dan petugas perpustakaan yang menyediakan buku-buku yang bisa dipinjam murid sehari sebelum kegiatan. 

  3. Lingkungan sekolah yang berdekatan dengan perpustakaan daerah bisa dijadwalkan untuk mengunjungi atau permintaan jadwal perpustakaan keliling ke sekolah. 

  4. Adanya beranda dan kelas yang bisa digunakan untuk membaca bersama 

  5. Adanya kepala sekolah yang mendukung dan penanggung jawab program literasi 

  6. Adanya Dewan guru yang bisa membimbing murid dalam pelaksanaan literasi. 

  7. Adanya aset guru sebagai seorang penulis 

  8. Adanya komite sekolah yang menjadi narahubung dengan orang tua untuk meminta dukungannya dan motivasi bagi murid dalam meningkatkan minat membaca.

  1. Rencana Evaluasi Program  

       Evaluasi dilakukan oleh Kepala Sekolah selaku penanggungjawab program melalui observasi kegiatan dengan bekerja sama dengan ketua kegiatan dan seluruh dewan guru melalui teknik wawancara. Evaluasi program dilakukan pertiga bulan sekali. Guru Kelas 3,4,5,dan 6 mengevaluasi kegiatan literasi murid dengan observasi dan memperhatikan jurnal literasi yang diisi setiap murid. Untuk  Guru Kelas 1 mengobservasi dan melihat jurnal literasi yang diisi guru terkait perkembangan murid dalam mengenal kata baru setiap minggunya.

                                                                                            Tapin, 28 Juni 2023


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...