Arsip Blog

Jumat, 04 November 2022

Jurnal Dwi Mingguan 1.1

Salam dan Bahagia 

Refleksi yang saya lakukan adalah dengan menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 

 1. Facts (Peristiwa)

Setelah saya mendapat pengetahuan tentang filosofi Ki Hadjar Dewantara, dan melaksanakan pemikiran berupa aksi nyata di kelas. Saya sangat senang, karena cara pandang saya terhadap peserta didik berubah. Di mulai dari memberikan keteladanan datang tepat waktu. Pada awal pembelajaran  memberikan motivasi dan semangat. Terutama melakukan kesepakatan kelas ini adalah hal yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Ternyata anak merasa senang dan antusias dengan memberikan hal-hal yang harus dan tidak boleh mereka lakukan saat pembelajaran. 

Hal baik yang saya alami adalah peserta didik saya lebih bersemangat  dan mentaati kesepakatan kelas yang mereka buat sendiri.

Hambatan atau kesulitannya adalah peserta didik saya masih kurang mampu untuk mengemukakan pendapatnya dan kemampuan memberikan pertanyaan. Banyak yang masih malu untuk berbicara. 

Yang saya lakukan adalah mendekati mereka dan memberikan arahan bagaimana memberikan pendapat dan mengajukan pertanyaan. 

2. Feelings (Perasaan)

Perasaan saya saat pemeblajaran berlangsung sangat senang, dan termotivasi mengajar sampai akhir.

Banyak hal yang saya rasakan,ada rasa senang, puas dan membuat saya lebih penasaran untuk membuat pembelajaran berikutnya dengan lebih baik. Yang lebih menjadikan pembelajaran berpusat ke murid.

Hal yang membuat saya senang dan puas adalah bahwa saya sudah mengubah cara pandang saya terhadap murid. Merubah pembelajaran dari yang semula berpusat ke guru. Saya yang mengatur dan memberikan tata tertib di kelas. Sekarang saya bisa mengarah pembelajaran yang lebih berpusat ke murid. 

3. Findings (Pembelajaran)

Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? 

Menjadi guru merupakan suatu pengabdian  yang sangat berharga. Setiap perbaikan kita baik kepada diri kita maupun pembelajaran kita. Dampaknya luar biasa , kita akan menjadi guru yang lebih baik dan peserta didik pun juga merasakan perubahan yang kita lakukan walau sekecil apapun. 

Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini? 

Saya baru mengetahui ternyata saya bisa lebih perhatian kepada peserta didik. Memandang mereka dengan kasih sayang. Memandang  mereka dari hal-hal positif yang bisa digali dari peserta didik bukan sekedar pengetahuannya. Jadi lebih bersemangat membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

4. Future (Penerapan)

Mungkin saya akan bisa memberikan yang lebih baik lagi jika saya ,melakukan ice breaking dan permainan sebagai kodrat anak.

Tindakan yang akan saya lakukan nanti adalah saya akan lebih mengatur waktu pembelajaran lebih baik lagi dan membuat perencanaan pembelajaran yang lebih baik dan menemukan dan belajar beberapa ice breaking dan permainan yang menarik untuk peserta didik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...