Arsip Blog

Selasa, 22 November 2022

Mulai dari Diri 1.3 Visi Guru Penggerak

 

Refleksi 1 



“Imajiku tentang murid di masa depan”Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Sertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. 

Imajinasi saya tentang murid masa depan 5 - 10 tahun mendatang adalah :

Situasi murid yang saya mimpikan

Saya memimpikan murid-murid yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Peduli dan suka menolong. Bermasyarakat berjiwa gotong royong.

Saya memimpikan murid-murid saya berdaya juang tinggi menghadapi kehidupan dengan bersikap mandiri dan percaya diri. Dengan selalu berpikir kreatif dan melakukan inovasi.

Saya memimpikan murid-murid yang cinta kebersihan dan lingkungan, menghargai segala perbedaan dan hidup rukun di masyarakat.

Saya memimpikan murid-murid yang menguasai teknologi, yang cinta tanah air dan bangsa. Sesuai dengan kodrat zamannya dengan tetap berpijak pada akar budaya bangsa yaitu Pancasila.



Refleksi 1


“Imajiku tentang murid di masa depan”. Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Sertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. 

Imajinasi saya tentang murid masa depan 5 - 10 tahun mendatang adalah :

Situasi murid yang saya mimpikan

Saya memimpikan murid-murid yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Peduli dan suka menolong. Bermasyarakat berjiwa gotong royong.

Saya  memimpikan murid-murid saya berdaya juang tinggi menghadapi kehidupan dengan  bersikap mandiri dan percaya diri. Dengan selalu berpikir kreatif dan  melakukan inovasi.

Saya memimpikan murid-murid yang cinta kebersihan dan lingkungan, menghargai segala perbedaan dan hidup rukun di masyarakat.

Saya memimpikan murid-murid yang menguasai teknologi, yang cinta tanah air dan bangsa. Sesuai dengan kodrat zamannya dengan tetap berpijak pada akar budaya bangsa yaitu Pancasila.

 

Peran guru yang saya mimpikan :

Saya memimpikan semua guru bisa menjadi teladan bagi murid, menjadi penyemangat bagi mereka saat memerlukan motivasi dan memberikan dorongan untuk murid terus maju dan berkembang.

Saya memimpikan semua guru mengenali bakat serta minat murid. Dan memberikan pembiasaan untuk menjadi pribadi yang percaya diri dan mandiri. Memberi kesempatan untuk menggali potensi yang dimiliki. Dengan memberikan pembiasaan dan kegiatan ekstrakurikuler yang menumbuhkan bakat dan minat murid.

Saya memimpikan semua guru memberikan tuntunan  dan pembiasaan untuk menjaga kebersihan dan menanamkan cinta lingkungan.

Saya memimpikan guru memberikan tuntunan untuk anak agar menguasai penggunaan teknologi serta menanamkan sikap murid untuk menyaring berbagai perubahan yang disesuaikan dengan akar budaya bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

 

Suasana sekolah yang diimpikan :

Saya memimpikan sebuah lingkungan sekolah yang religius, berakhlak mulia, berdaya juang tinggi. Bersemangat membawa perubahan dengan tetap berpijak pada akar budaya bangsa serta sekolah bersih, aman dan sehat dan berwawasan lingkungan.

Refleksi 2 

Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang Bapak/Ibu idam-idamkan. Sebuah sekolah yang berpihak pada murid, dan menuntun murid mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila.

Saya memimpikan murid-murid yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berdaya juang, mandiri,kreatif inovatif, berwawasan lingkungan, bergotong-royong dan menguasai tekhnologinserta cinta tanah air.

Saya percaya bahwa murid adalah  penerus bangsa dimana ditangannyalah kelak kemajuan dan keberhasilan bangsa Indonesia berikutnya. Dimana mereka mempunyai karakter, bakat dan minatnya masing-masing yang perlu dikembangkan dan dituntun dalam sebuah pendidikan. 

Di sekolah, saya mengutamakan pembelajaran yang berpihak kepada murid, yang mengembangkan setiap bakat dan minat peserta didik. Mengangkat nilai religius murid yang disesuaikan dengan kodrat alam di sekitar  lingkungan murid. 

Murid di sekolah saya sadar betul bahwa dirinya adalah harta berharga bagi orang tua, lingkungan dan bangsa dan negara. Harapan terbesar dari orang tua untuk membawa perubahan yang lebih baik. 

Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk mewujudkan murid yang sesuai dengan yang diharapkan mampu bertahan di lingkungannya maka perlu usaha sungguh-sungguh dan program-program pembiasaan yang konsisten dan terus menerus dalam mewujudkannya  

Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa Setiap murid mempunyai karakter,bakat dan minat yang berbeda-beda sesuai dengan kodrat alam dan zamannya. Untuk itu diperlukan kerja sama semua pihak yang terlibat. Agar semua murid potensinya berkembang zahir dan batinnya. 

Refleksi 3

Gunakan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk kemudian dirumuskan dalam sebuah VISI:

  • Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu? Visi merupakan satu tujuan yang ingin kita capai 

  • Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia? Saya berharap pendidikan di Indonesia mengalami kemajuan dan menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menghadapi berbagai perubahan zaman dan tetap bersikap dan memiliki karakter bangsa melalui profil pelajar Pancasila. 

  • Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita? Keyakinan bersama yang menyatukan semua pihak di sekolah adalah bagaimana semua yang dilakukan berpihak pada murid. Bagaimana mereka dapat mendapatkan kebahagian dan bermanfaat bagi alam semesta.

  • Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain? Saya berharap mereka menjadi pribadi yang beriman ,bertaqwa, berakhlak mulia, berdaya juang tinggi dan kreatif. 

  • Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila? Kontribusi orang dewasa, para pemangku kepentingan di sekolah adalah mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan yang positif dan memberikan keteladanan. Selalu berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama. Memberikan motivasi, kritik dan saran serta tempat berbagi beban pikiran untuk mencari jalan keluar. Di saat ada hambatan-hambatan dalam mencapai sebuah tujuan. 

Susunlah rumusan VISI Bapak/Ibu dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan Bapak/Ibu masing-masing. 

Rumusan Visi  : Mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, berdaya juang,  inovatif dan berwawasan lingkungan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...