Arsip Blog

Kamis, 17 November 2022

Jurnal Dwi Mingguan 1.2


Salam dan Bahagia

Dalam refleksi ini saya menggunakan Model 2: Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL) Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). 

Description : 

Setekah mempelajarai modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak. Disaat melakukan diskusi di ruang kolaborasi bersama 4 teman CGP. Saya menemukan nilai yang menonjol dari saya adalah nilai inovatif. Dikarenakan saya mempunyai inovasi dalam menulis sebuah buku solo dan beberapa antologi. Saya juga menemukan nilai dan peran yang harys saya kembangkan dalam diri saya, Dimana peran itu saya lihat sangat menonjol dalam diri CGP Pa Zakiya. Nilai yang dimiliki Pa Zakiya adalah berpihak kepada murid. Dimana beliau mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan dengan menyesuaikan kodrat alam anak. Nampak murid-murid Pa Zakiya sangat senang saat belajar langsung di kolam ikan. Saya merasa bahwa saya juga harus memiliki nilai tersebut agar murid senang dalam belajar. 

Examination :

Dalam meningkatkan nilai berpihak pada murid ini senada dengan tujuan atau rencana yang telah saya buat sebelumya yaitu ingin melaksanakan ice breaking dan permainan yang menyenangkan yang dapat membuat murid merasa senang  bermain sambil belajar karena kodrat murid anak sekolah dasar adalah bermain. 

Articulation of Learning: 

Hal yang telah  dipelajari adalah bahwa ada 5 nilai dalam guru penggerak yaitu : mandiri,  reflektif, kolaboratif, inovatif, serta berpihak pada murid. Ada 5 peran guru penggerak yaitu : Pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid dan menggerakkan komunitas praktisi. 

Dalam mewujudkan semua nilai tersebut maka saya harus mulai menumbuhkan motivasi yang berasal dari diri sendiri untuk mau tergerak, sehingga saya akan mulai bergerak dan pergerakan saya akan menggerakkan orang lain. Rencana untuk perbaikan di masa mendatang adalah saya ingin terus melatih dan mengasah kemampuan saya dalam public speaking dikarenakan hal ini menurut saya yang sangat kurang dalam diri saya. Padahal kemampuan ini sangat berguna untuk setiap peran saya terutama untuk berpihak kepada murid dan mewujudkan kepemimpinan murid melalui teladan dari diri saya sendiri. Akan mudah bagi saya untuk berkolaborasi dan menggerakkan komunitas praktisi jika saya sudah mumpuni. Tidak muluk-muluk paling tidak saya menunjukkan keberanian dan percaya diri dalam berbicara di hadapan orang banyak. 

Tapin, 18 Nopember 2022


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...