Arsip Blog

Selasa, 01 November 2022

Eksplorasi Konsep 1.1

Eksplorasi Konsep 1.1
 Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) 

Ki Hadjar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat adalah Bapak pendidikan. Beliau adalah sosok pendiri Taman Siswa sebagai sekolah pertama di zaman kolonial pada tahun 1922. Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) tentang pendidikan sering kita dengar. Bahkan dijadikan logi di Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia  yaitu  Tut Wuri Handayani. Tiga pilar yang  merupakan filosofi dari KI hajar Dewantara Yaitu   ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani. Ing Ngarso Sung Tulodo artinya menjadi seorang pemimpin sebagai terdepan yang   harus mampu memberikan teladan. Ing Madyo Mangun Karso, artinya seseorang di tengah kesibukan dalam aktivitasnya  juga harus mampu membangkitkan atau menggugah semangat dan motivasi. Tut Wuri Handayani, dari belakang harus mendorong secara moral dan memberikan semangat. 

  

Pemikiran beliau ini sangat sesuai dengan pendidikan Indonesia saat ini, juga di lingkungan sekolah sebagai bagian dari pendidikan. Sebagai seorang pendidik kita harus menjadi teladan bagi murid kita. Kita akan menjadi role model bagi mereka. Apa yang kita pakai, kita lakukan dan katakan akan mereka lihat serta perhatikan. Akan sangat membekas di ingatan mereka dan menjadi salah satu pembentukan karakter mereka. Yaitu dengan cara memberikan teladan  yang baik sehingga mereka mencontohnya. Di saat-saat tertentu pasti kita menemukan murid kita kehilangan semangatnya untuk belajar, maka kita selaku guru, harus bisa menjadi motivator bagi mereka. Tentu saja dengan memberi motivasi dan dorongan yang kuat agar mereka bisa mencapai  apa yang mereka cita-citakan. Dengan menunjukkan teladan kita sebagai guru pun sampai saat ini tetap terus belajar. Sehingga murid kita pun menjadi  pembelajar sepanjang hayat. Ada kalanya juga kita memberikan dorongan yang kuat untuk menggali bakat dan minat yang dimiliki setiap murid. Setiap murid mempunyai bakat dan minat yang berbeda sehingga perlu usaha kita selaku guru menemukan mendorong mereka agar menemukan bakat dan minat mereka dalam rangka Mencapai apa yang mereka cita-citakan. 


Selaku guru pemikiran Ki Hajar Dewantara ini hanya sebagian yang sudah dapat saya laksanakan. Saya menjadi pembelajar sepanjang hayat. Saat ini saya terus berusaha belajar karena pengetahuan dan teknologi terus berkembang. Sehingga menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. semangat ini akan saya tularkan kepada murid saya. Sebagai seorang guru tentu saja saya banyak kekurangan, sampai saat ini saya belum bisa menjadi pemotivasi yang mampu membuat murid bersemangat. Belum bisa menjadi guru yang mendorong dan menggali bakat dan minat setiap murid. 


Lingkungan sekolah saat ini sangat memberi kebebasan kami guru untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi kami. Jalan terbuka lebar dan kesempatan begitu banyak. Semoga saya bisa menemukan apa yang saya harapkan. Bukan hanya sebagai teladan tapi bisa menjadi guru yang bisa mengenali bakat dan minat masing masing murid serta membawa mereka ke dalam lingkungan belajar yang menyenangkan dan berarti bagi mereka. menjadi penyemangat dan pendorong mereka untuk mencapai apa yang dicita-citakan. 


Setelah mempelajari modul ini saya harapkan saya bisa menjadi sosok guru yang selalu bisa terdepan dalam memberi teladan. Mendampingi untuk memberi semangat dan di belakang  mereka untuk memberikan dorongan untuk maju dan berkembang. 


Setelah mempelajari modul ini saya harapkan murid-murid saya menjadi bersemangat baik dalam pembelajaran maupun di lingkungannya. 


Saya berharap ada sebuah kegiatan yang dapat merubah pola pikir saya dalam memandang murid, dengan materi yang bisa membuat saya mengerti bahwa murid-murid saya adalah harta berharga yang harus saya jaga, dididik  dan dibina. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...