Arsip Blog

Selasa, 29 November 2022

 


1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

Setelah mempelajari materi, mulai dari modul 1.1 Refleksi filosofis pendidikan nasional-KHD, modul 1.2 Nilai-nilai dan peran guru penggerak, hingga modul 1.3 Visi Guru Penggerak. saya  memahami , tujuan yang ingin kita capai, kegiatan yang dilakukan, rencana yang dikembangkan, semuanya harus berorientasi/berpusat dan  memihak pada murid. Memberikan pembelajaran yang memerdekakan, menyenangkan murid. Murid dituntun sesuai kodrat alam dan zaman yang dimilikinya dengan demikian besar harapan  terciptanya Profil pelajar pancasila yang di dalamnya mengandung dimensi; beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Penggunaan pendekatan inkuiri apresiatif, menemukan hal apa saja yang menjadi potensi di lingkungan sekolah. aset-aset yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk kepentingan murid, sehingga potensi-potensi yang ada pada murid maupun sekolah dapat mendukung untuk mewujudkan visi/harapan kedepan. Letak sekolah yang strategis,  dengan kodrat alamnya  adalah persawahan. Menjadi sekolah adiwiyata. Mendapatkan bantuan chromebook sebanyak 15 buah dari pemerintah dengan akses internet di sekolah. Banyak harapan yang saya inginkan dari Murid dan sekolah. Saya mengharapkan murid-murid yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Peduli dan suka menolong. Bermasyarakat berjiwa gotong royong. Berdaya juang tinggi menghadapi kehidupan dengan  bersikap mandiri dan percaya diri. Dengan selalu berpikir kreatif dan  melakukan inovasi. Cinta kebersihan dan lingkungan, menghargai segala perbedaan dan hidup rukun di masyarakat. menguasai teknologi, yang cinta tanah air dan bangsa. Sesuai dengan kodrat zamannya dengan tetap berpijak pada akar budaya bangsa yaitu Pancasila.

untuk sekolah, harapan saya, tercipta lingkungan sekolah yang religius, berakhlak mulia, berdaya juang tinggi. Bersemangat membawa perubahan dengan tetap berpijak pada akar budaya bangsa serta sekolah bersih, aman dan sehat dan berwawasan lingkungan. diisi oleh guru-guru yang berintegritas memiliki nilai dan peran guru, sehingga semuanya sama-sama bersinergi untuk mewujudkan keinginan atau harapan tersebut.

Harapan-harapan tersebut tentunya perlu dirumuskan dalam sebuah visi. harapan yang mulia ini supaya terwujud diperlukan langkah-langkah atau misi. Melakukan pembiasaan-pembiasaan yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Seperti Selasa dhuha, Jum’at Taqwa dan salat zuhur berjamaah. Melakukan pembiasaan memimpin doa secara bergantian, tampil di depan saat jumat taqwa menampilkan bacaan surah.  untuk melatih kepercayaan diri dan kemandirian murid. Program sabtu sehat untuk menciptakan murid yang berwawasan lingkungan. Dari uraian-uraian di atas dan berdasar penggunaan inquiri apresiatif dapat dirumuskan sebuah visi yang akan menjadi penyemangat.

Visi yang saya buat adalah : 


Mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, berdaya juang,  inovatif dan berwawasan lingkungan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...