Arsip Blog

Kamis, 17 November 2022

1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2




1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2 


1. Peristiwa : 
Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 hingga 12 adalah disaat mengetahui  bahwa tugas kita guru adalah menuntun anak untuk mendapatkan kebahagiaan yang setinggi-tingginya untuk dirinya dan masyarakatnya. Dalam proses menuntun itu kita harus melakukan pembiasaan-pembiasaan baik yang akan menumbuhkan sikap kepemimpinan murid, kemandirian, kolaborasi dengan sesama teman, reflektif dan inovasi dengan menghasilkan karya original.

2. Perasaan : 
Saat momen itu terjadi saya merasa bagaikan masuk kedalam hutan kemudian menemukan cahaya dan menemukan jalan keluar dari kegelapan. Tumbuhlah motivasi instrinsik dari dalam diri saya untuk berbuat yang terbaik untuk peserta didik.

3. Pembelajaran : 
Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa seorang guru merupakan penguasa kelas, murid bagi saya merupakan hak saya mau membentuknya seperti kehendak hati saya. Sekarang saya berpikir bahwa setiap peseta didik memiliki kodrat alamnya masing-masing, mempunyai karakteristik masing-masing. Sehingga saya selaku guru haruslah memahami keragaman tersebut dan membantu mengurangi dan menghilangkan hambatan-hambatan yang timbul dalam proses pembelajaran. Dengan memberikan pembelajaran yang bermakna. 

4. Penerapan ke depan (Rencana) : 
Pengembangan diri sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang. Untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak adalah 
  • Jangan sombong, mau menerima kebenaran dan kritik serta saran untuk sebuah perubahan. 
  • Selalu belajar untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan dengan menyadari kodrat anak adalah bermain.
  • Membangun relasi dan hubungan baik baik dengan murid itu sendiri, rekan sejawat, pimpinan ,orang tua serta lingkungan. 
  • Terbiasa berefleksi atas apa yang telah dilakukan. 
  • Terus berinovasi dan membagikan praktik baik. 
  • Melatih kemampuan berbicara di depan orang banyak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...