Arsip Blog

Jumat, 14 April 2023

Jurnal Refleksi Dwimingguan Wawancara dengan Pemimpin Terkait Pengambilan Keputusan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Wawancara dengan Pemimpin Terkait Pengambilan Keputusan 

Oleh : Rubiana Dewi, S.Pd.I


Salam dan bahagia. 


Refleksi saya kali ini menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P. 


Peristiwa

Fakta-fakta yang saya temukan dalam dua minggu ini adalah tentang bagaimana seorang pemimpin di sekitar saya melakukan proses pengambilan sebuah keputusan.  Dimana keputusan tersebut harus berdasarkan nilai-nilai kebajikan yang serta  harus dipertanggungjawabkan. Seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab mengambil keputusan-keputusan penting di sekolah yang dipimpinnya. Ada berbagai macam dilema etika yang akan dihadapi. Baik itu antara kepentingan individu atau kelompok yang bertabrakan.  Adanya nilai integritas dan rasa kepedulian yang bertentangan. Bahkan adanya nilai kebermanfaatan apakah hal yang diputuskan itu bertujuan untuk jangka pendek atau jangka panjang. Apakah hal tersebut mengandung nilai kesetiaan dan kepedulian.  Sangat menarik fakta yang saya temukan dari tugas demonstrasi kontekstual yaitu melakukan wawancara terhadap pimpinan yang ada di sekolah saya. Serta pimpinan di sekitar lingkungan saya. Dikarenakan saya seorang guru Pendidikan agama Islam maka saya mencari kepala sekolah yang berlatar belakang sama dengan saya. Guru Pendidikan agama Islam yaitu  dengan ibu Hajah Sri Hastuti beliau adalah kepala SDN Kalumpang 1. saya mengenal Ibu Hj. SreHastutii, S.Pd.I sebagai seseorang yang tegas dalam melakukan hal apapun. Selalu bisa menjadi contoh teladan bagi saya.  Sehingga saya sangat tertarik bagaimana beliau menerapkan kebijakan-kebijakan yang telah beliau putuskan dalam lingkungan sekolah beliau. Kemudian saya juga melakukan wawancara dengan pimpinan saya di sekolah. Bapak Amrullah, S.Pd.I yang juga berlatar belakang guru Pendidikan agama Islam sama seperti saya. Beliau juga menjadi teladan selama ini. Cara beliau berkolaborasi dan bekerja sama dengan seluruh dewan guru. Baik itu guru senior maupun guru junior sehingga menciptakan lingkungan yang kekeluargaan dan saling menghargai. Hal tersebut menjadi menjadikan saya sangat ingin tahu. Apa yang melatarbelakangi beliau bisa mengambil keputusan-keputusan yang sangat bijaksana. Dimana keputusan tersebut  bisa kami terima selama ini di sekolah. Baru saja saya juga mendapatkan hasil wawancara dari Bapak Sanusi M.Pd.I. Beliau kepala sekolah SDN Kaladan 1. Walaupun tidak bisa dilakukan secara langsung, hanya lewat whatsapp dikarenakan jarak yang lumayan jauh. Tapi saya sangat ingin menggali pengalaman beliau terkait pengambilan keputusan. Dari hasil wawancara dengan beliau, saya belajar bahwa kita sebagai pemimpin janganlah merasa kita paling benar. Sehingga ketika kita mengambil keputusan tidak memutuskan secara se pihak. Haruslah mendengarkan pendapat pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap kasus tersebut. Dengan melakukan komunikasi dengan semua pihak kita akan mengetahui dan memahami apa yang sebenarnya sedang terjadi. Menggunakan akal yang baik dalam berpikir, hati yang bersih dan ikhlas dalam memutuskan sesuatu keputusan. Sehingga di setiap keputusan yang kita tuangkan. Tidak merugikan orang lain atau menyakiti salah satu pihak yang sedang mengharapkan kebaikan dalam setiap keputusan kita. Jangan melanggar hukum dalam memutuskan suatu keputusan. 

Perasaan

Adapun perasaan saya selama melakukan wawancara. Karena ini adalah  hal yang baru, dan belum pernah saya lakukan sebelumnya dalam bentuk wawancara. serta melakukan wawancara dengan orang-orang terpilih. Saya sangat senang walaupun ada rasa kekhawatiran karena seperti yang saya sampaikan sebelum-sebelumnya. Saya sangat khawatir bahwa saya tidak mampu berkomunikasi secara baik. Karena saya merasa bahwa publik speaking saya masih belum mumpuni. Namun dengan kerjasama dan motivasi yang luar biasa dari kedua pimpinan yang saya wawancara. Membuat saya merasa percaya diri dan mampu melewati semuanya. Menjadi satu langkah pembelajaran untuk saya dalam meningkatkan public speaking saya. Melalui wawancara ini menjadi latihan baru lagi untuk saya.  Semoga saya menjadi pribadi yang lebih siap dan lebih kompeten lagi. Saya juga sangat senang bisa mewawancara Bapak Sanusi, walaupun hanya lewat whatsapp, tapi banyak hal yang bisa saya ambil pembelajaran dari apa yang beliau sampaikan.


Pembelajaran

Pembelajaran yang dapat saya ambil dari sisi wawancara adalah bahwa sebagai seorang pemimpin kita harus bersikap bijaksana. Dalam  mengambil keputusan, jangan ingin menang sendiri. Ketika  mengambil keputusan harus selalu berkonsultasi dengan segala pihak yang terkait. Memperhatikan  peraturan yang berlaku dan norma-norma yang disepakati. Berbagai kepentingan harus dipikirkan. Dari segi kebermanfaatan jangka pendek dan jangka panjangnya. Serta kepedulian terhadap orang-orang yang berada dalam kasus delima etika tersebut. Setiap keputusan kita akan melalui yang namanya pro dan kontra. Akan tetapi kita harus yakin. Bahwa suatu keputusan yang sudah diambil berdasarkan langkah-langkah yang sesuai prosedur yang benar.  dan  hal tersebut adalah keberpihakan kita kepada murid. Maka ketika kita merefleksikan keputusan kita dan ternyata hati kita memang sudah nyaman maka itulah keputusan yang tepat. 


Penerapan

Untuk ke depannya semoga pengetahuan dalam modul 3.1 tentang penerapan keadilan keputusan berdasarkan nilai nilai kebajikan dan tanggung jawab. Melalui 4 paradigma dan keputusan hingga 3 prinsip nilai-nilai pengambilan keputusan serta 9 langkah prosedur pengambilan keputusan. Saya dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai diri saya pribadi maupun sebagai pemimpin pembelajaran di dalam kelas. Serta berbagai kolaborasi saya, baik dengan rekan guru di sekolah maupun dengan  guru Pendidikan agama Islam lainnya. 


                                             Tapin, 16 April 2023

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...