Arsip Blog

Rabu, 12 April 2023

Mulai dari Diri 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin


        


        Kepemimpinan adalah amanah. yang harus jalani dengan rasa penuh tanggung jawab, Yang merupakan beban yang harus dipikul demi kepentingan orang banyak. Semua orang mempunyai harapan perubahan saat kepemimpinan nya dan bisa memberikan yang terbaik. Bisa memenuhi keinginan semua pihak. Akan tetapi dari perubahan tersebut di dalam perjalanannya pasti ada yang setuju dan tidak setuju. Karena akan berbenturan dengan kepentingan semua pihak. Untuk itu ketika kita mengambil sebuah keputusan, yang memang sudah dipikirkan dan dikomunikasikan. Jika keputusan tersebut adalah memenuhi kebutuhan murid kita maka yakin lah itu sudah yang terbaik.

     Di saat saya sebagai seorang pemimpin pembelajaran menghadapi keputusan yang dilematis. Hal ini tentu sangat membingungkan. Pertama yang saya lakukan adalah berhenti sejenak untuk berpikir dan menimbang. Apakah keputusan yang diambil sudah sesuai dengan nilai kebenaran yang saya yakini. Bermusyawarah dengan pemangku kepentingan. Jika sama-sama benar maka biasanya lebih memilih mana yang lebih prioritas. Jika menyangkut kepentingan suatu golongan dan kepentingan bersama. Maka saya dahulukan kepentingan bersama. Saya melihat pemimpin di sekolah dalam mengambil keputusan, beliau bersikap tenang dan bijaksana. Semoga saya bisa banyak belajar untuk tenang sebelum mengambil keputusan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...