Arsip Blog

Kamis, 06 April 2023

Resume ke 13 Public Speaking gelombang 6

  

Pelatihan Public Speaking Gelombang 6 

Hari/ Tanggal : Selasa, 28 Maret 2023

Narasumber : Dedi Dwitagama 

Materi : Teknik dan Trik Berbicara Efektif di depan Public

Teknik dan Trik Berbicara Efektif di depan Public 

Oleh : Rubiana Dewi, S.Pd.I


Normalnya orang menjadi pembicara melakukan yang terbaik. Dia mencari strategi dan kata-kata yang menarik pendengar. Agar menghindari blank saat menjadi pembicara yaitu dengan sering-sering latihan. Kuasai materi. Juga kenali audiencenya. Hal yang sedang trend apa? Bisa membantu kita mengurangi kata-kata jeda seperti emm, ee dsb. 

Apabila ketika kita tampil dan menghadapi situasi diatur tentang membawa acara. Padahal sebelumnya tidak ada dikomunikasikan. Panitia yang baik panitia mengkomunikasikan point-point yang akan dicapai. Hal-hal yang akan menjadi hambatan dan sebagainya. Sepakati bersama. Patikan sudah disepakati. Akan tetapi jika kedepannya ada gangguan. Ungkapkan apa yang kita rasakan dan minta tolong untuk tidak mengganggu. Biasanya adalah dari orang yang tidak hadir waktu kesepakatan. 

Dalam situasi dadakan dan kita ditunjuk menjadi pembicara strateginya adalah menyiapkan materi, gunakan website artificial intelegent yang bisa membuat presentasi dalam 5 detik. 

Cara menjawab pertanyaan dari audience yang materinya belum sepenuhnya kita pahami. Dengan menyiapkan jika materi 4 point maka harus menguasai 40 point. Jangan dijawab langsung.Beli apresiasi. Ada 2 jenis audience. constructive audience dan destructive audience, dan Jangan pura-pura tahu apa yang tidak tahu, tapi harus diplomatis. 

Semua orang punya kemampuan untuk menjadi public speaking. Anak-anak yang tidak punya bakat berenang tapi tinggal di pantai akhirnya akan pandai berenang karena tinggalnya di laut. Maka perlu dilatih dan dikembangkan. Dengan bertambahnya jam terbang akan menjadikan kita terbiasa dan menambah kemampuan kita dalam public speaking. 

Untuk mencairkan suasana gunakan ice breaking yang sesuai dengan materi dan media yang tersedia. setelah itu pasti suasana akan menjadi fokus ke materi yang kita berikan. Meski hanya 15 menit biasanya bisa berkonsentrasi. Jika terlihat sudah tidak fokus beri energiser. Seperti nyanyi dsb. 

Cara mempersiapkan materi presentasi :

  1. Ruang lingkup/ KIsi-kisi  materi

  2. Membuat slide 

Jika sudah dijelaskan panjang lebar oleh pemateri lain. Maka segera revisi slide kita. 

  1. Datang lebih awal.

  2. Baju yang nyaman jangan berwarna-warna. 

  3. Di akhir ulangi point-point penting.

  4. Puaskan panitia, dan peserta

Cara mengatur stamina selama presentasi, adalah dengan jangan melawan sinyal sinyal yang diberikan tubuh kita. Jangan enggan minta izin. Bisa duduk di kursi yang kosong. Kalau audionya bagus, juga sekalian  mengkondisikan bagian belakang.  Bisa sambil nyender di dinding saat ada yang bertanya. Jangan menerima job terlalu banyak. Management waktu. 

  Tapin, 28 Maret 2023


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...