Arsip Blog

Rabu, 12 April 2023

Eksplorasi Konsep 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

 


Kasus 2

Ibu Azizah adalah kepala sekolah SMP Tunas Bangsa. Ia adalah seorang kepala sekolah yang memiliki integritas dan komitmen yang tinggi.  Ia memiliki hubungan profesional yang baik dengan Ibu Dani, Kepala SMA Nusantara. Mereka seringkali berkomunikasi dan bekerjasama sehubungan dengan program-program pendidikan baik di sekolah Ibu Azizah sendiri maupun sekolah Ibu Dani.

Baru-baru ini Ibu Azizah terpilih menjadi ketua MKKS-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah. Ibu Dani pun terpilih menjadi bendahara MKKS.  Awalnya semua program MKKS dibawah kepemimpinan Ibu Azizah berjalan dengan baik sampai pada saatnya diadakan rapat evaluasi semester 1, dimana Ibu Azizah harus memberikan laporan pada Dewan Pembina MKKS, termasuk laporan keuangan. Ibu Azizah pun meminta laporan keuangan pada bendahara yaitu Ibu Dani.

Dua minggu sebelum rapat evaluasi, Ibu Azizah pun sibuk mempersiapkan dokumen-dokumen laporan yang dibutuhkan, termasuk dokumen yang berhubungan dengan keuangan. Ia pun menghubungi Ibu Dani, saat itulah Ibu Azizah mengetahui bahwa selama ini Ibu Dani menggunakan sebagian uang MKKS untuk pengobatan putrinya yang sedang sakit dan memerlukan pengobatan yang mahal. Ibu Dani berjanji bahwa uang tersebut akan segera digantikan sebelum rapat evaluasi tiba. Ibu Azizah sebetulnya ragu akan hal tersebut mengingat jumlah uang yang cukup besar. Namun Ibu Dani meminta Ibu Azizah untuk berjanji untuk tidak memberitahu siapapun tentang tindakannya. Apa yang akan dilakukan Anda bila berada di posisi Ibu Azizah, dan mengapa?

Analisis studi kasus:

  1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Paradigma yang terjadi pada situasi tersebut adalah paradigma keadilan dan  kasihan . NIlai-nilai yang saling bertentangan adalah nilai kejujuran dan rasa peduli 

  1. Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal).

Tidak ada pelanggaran hukum karena Ibu Dani telah  berjanji akan mengembalikan uang  MKKS  yang dipinjamnya untuk pengobatan anaknya  

  1. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi). Ada pelanggaran karena Ibu Dani menggunakan uang tersebut  tanpa izin serta untuk kepentingan di luar organisasi 

  2. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi). Ada yang salah karena tidak seharusnya menggunakan uang tersebut untuk kepentingan pribadi. Akan tetapi Ibu Dani juga benar, karena dalam keadaan terpaksa harus meminjam uang tersebut dan memang akan menggantinya. 

  3. Apa yang Anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik atau menjadi viral di media sosial? Apakah Anda merasa nyaman? Saya rasa hal ini akan sangat memalukan dan saya merasa sangat tidak nyaman. 

  4. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini? Keputusan yang akan diambil oleh panutan saya akan memberi kesempatan Ibu Dani sampai hari yang ditentukan untuk mengganti uang yang telah beliau gunakan. 

  5. Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)? Mungkin di Forum rapat akan diusulkan untuk Donasi atas kepedulian MKKS terhadap anak Ibu Dani.

  6. Apa keputusan yang Anda ambil? Saya akan merahasiakan hal tersebut , karena rasa peduli saya terhadap Ibu Dani. Memberikan waktu untuk Ibu Dani mengganti uang yang telah dipakai. 

  7. Prinsip mana yang  Anda gunakan, dan mengapa? Prinsip yang saya pakai adalah Berpikir berbasis peduli (Care Based Thinking) Karena memutuskan sesuatu dengan rasa kepedulian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...