Arsip Blog

Minggu, 02 April 2023

Jurnal Refleksi Dwimingguan 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kenajikan sebagai Pemimpin



Jurnal Refleksi Dwimingguan 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kenajikan sebagai Pemimpin

oleh : Rubiana Dewi, S.Pd.I
Calon Guru Penggerak Angkatan 7
 
Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia
Pada jurnal refleksi dwimingguan ini saya menggunakan refleksi dari Round Robin. 
1) Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya? 
Setelah pembelajaran hari ini saya menguasai perbedaan dilema etika dan bujukan moral. Saya merasa menguasai hal tersebut karena ada perbedaan yang jelas. kalau dilema etika adalah memutuskan sesuatu yang sama sama benar. Sedangkan bujukan moral adalah antara benar dan salah. 
2) Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut? 
Setelah pembelajaran hari ini saya belum menguasai 9 langkah mengambil keputusan. Maka saya perlu lebih mendalami lagi apalagi di langkah ke 7 dimana menentukan apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ( Investigasi Opsi Trilemma)
3) Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.
Yang masih membingungkan bagi saya adalah menentukan dua nilai yang berlawanan dalam sebuah kasus. Misalnya saja jika ada kasus yang berbeda dengan nilai yang dicontohkan misalnya saja antara nilai tanggung jawab dan menepati janji. Apakah itu nilai yang tepat atau bukan. Karena tidak ada dalam paradigma yang 4. semoga dapat saya temukan saat sesi elaborasi nanti.

                                                                                                                  Tapin, 2 April 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...