Arsip Blog

Rabu, 08 Februari 2023

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 2.1


Salam dan Bahagia

Rfeleksi yang saya lakukan adalaah : Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL) Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). 

Description: Deskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana);

Setelah beberapa waktu, ada masa tenang sebelum memasuki modul 2. Hari ini kegiatan pendidikan guru penggerak kembali di mulai. Dengan mulai dari diri, disini kita melakukan refleksi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait bagaimana pembelajaran yang mampu mengakomodir setiap perbedaan murid. Dalam masa tenang tersebut ada beberapa kegiatan yang saya lakukan. Diantaranya adalah mengikuti kegiatan webinar di Platform Mereka mengajar. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komunitas praktis yang ada di PMM. Saya mengikuti webinar tentang pemanfaatan quizizz dengan mode kertas. Hal ini sangat menarik bagi saya. Karena Quizizz tersebut bisa digunakan meski murid tidak menggunakan hand phone atau laptop. Selesai webinar lanjut saya mengikuti workshop Quizizz batch 1 Lubuklinggau dari tanggal 6-8 Februari 2023 untuk  mendapatkan Certified Game Changer. Tahapan demi tahapan saya lalui, walaupun harus sambil melawan kantuk. Terkadang terlempar dari Kuis akhir minimal 60 persen bisa dijawab maka akan mendapat sertifikat dari quizizz. Alhamdulillah mencapai 65 %. Saya mengikuti kegiatan ini bertujuan untuk mencari sebuah perjalanan saya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat ke murid sebagaimana pembelajaran modul 1.  Sebagaimana peran saya yaitu menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dalam minggu ini saya juga telah mempelajari tentang pemeblajaran diferensiasi. Yang merupakan hal baru bagi saya. Belajar bagaimana memetakan kebutuhan belajar setiap murid. Dan belajar bagaimana merancang pembelajaran yang berpihak kepada mereka. 

 - Examination: Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya; 

Pengalaman saya dalam membuat quizizz ini,memang sangat jauh dari rencana peningkatan kompetensi saya  yang saya rencanakan. Yaitu public speaking. Akan tetapi saya memahami bahwa ketika kita mengusai sesuatu maka kita akan mudah untuk membicarakannya. kepercayaan diri kita dalam berbicara tergantung seberapa besar kita menguasai apa yang kita bicarakan. Benar kata Pa Angga, Pengajar Praktik saya. Kemampuan ibu pasti akan berkembang di PGP ini. Terbukti di aksi nyata 1.4  di komunitas praktis saya harus melawan rasa malu dan takut saya untuk berbicara di depan orang banyak untuk menyampaikan tentang budaya positif. Bersyukurnya karena hal tersebut memang telah kita pelajari dan dipraktekkan di sekolah. Membuat saya mulai percaya diri. Minggu  saya  menghadapi pendampingan kedua dimana saya kan berdiskusi dengan seluruh Dewan guru serta Kepala sekolah di SDN Antasari. Alhamdulillah semua bisa terlewati dengan baik dan semoga bermanfaat bagi semuanya. 

- Articulation of Learning: Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang.

Hal yang saya pelajari beberapa minggu ini adalah : 

1. Kita harus berani mencoba hal baru, jangan lupa jangan takut bertanya dan minta saran pendapat untuk lebih baik. 

2. Masih berkeinginan meningkatkan kemampuan public speaking.

3. Murid yang ada di kelas kita mempunyai kemampuan dan bakat yang berbeda-beda. Keragaman tersebut memerlukan pendekatan dan pembelajaran yang berbeda pula, semoga dengan mempelajari modul 2 ini saya lebih mengerti dan mempraktikkan tentang pembelajaran berdeferensiasi. Diawali memetakan kebutuhan belajar murid. Kemudian merancang sebuah RPP berdiferensiasi yang mengakomodir kebutuhan murid. 


Tapin, 20 Februari 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...