Arsip Blog

Sabtu, 18 Februari 2023

Eksplorasi Konsep 1.3 Visi Guru Penggerak

 



Salam dan Bahagia 

        

KIta bukanlah jalan keluar dari permasalahan di sekolah akan tetapi pembawa perubahan budaya sekolah melalui kemauan untuk berubah menuju yang lebih baik Guru penggerak adalah salah satu agen perubahan dan sumber kekuatan dalam suatu organisasi yang dipadukan dengan kekuatan-kekuatan lainnya untuk mencapai sebuah kemajuan bersama. Perubahan yang sangat bagus jika diawali dengan pertanyan positif. Karena kita selama ini terbiasa dengan pertanyaan bersifat negatif.BAGJA Buat pertanyaan Ambil Hikmah Gali mimpi Jabarkan rencana Atur eksekusi "Kata-kata adalah do'a maka katakanlah yang baik -baik, jangan ragu untuk bermimpi semoga kemudian hari akan terwujud.Semoga dengan proses perubahan dengan BAGJA ini Guru Penggerak bisa fokud pada kekuatan , berdaya juang tinggi membawa perubahan dan terus meningkatkan percaya diri dan yakin akan kemampuan diri dalam proses perubahn  Sangat menarik kita bisa melakukan ATM : amati , tiru dan modifikasi untuk sebuah perubahan. Kemudian dalam proses sebuah perubahan tentu akan menemui berbagai permasalahan. Tetap semangat membawa perubahan meski kita sedikit tapi akan sangat berarti dan berpengaruh. Seperti pada gambar kurva belajar : "Business School"Kiyo saki & Lechter, 2011.

Kanvas Bagja 

https://docs.google.com/presentation/d/17SCiOQeEWU1uIqOpXF0NtUTVs2b2k1VkT37oMxt46L8/edit?usp=sharing

1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian

Rumusan Visi  : Mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, berdaya juang,  inovatif dan berwawasan lingkungan. 

Harapan saya penting untuk dijadikan visi dikarenakan :

1. Orang yang paling mulia adalah yang paling bertakwa. Karena itu saya sangat berharap murid saya menjadi orang yang takwa. 

2. Setinggi-tinggi ilmu tanpa disertai akhlak maka takkan berarti . Karena adab lebih tinggi dari ilmu.

3. Setiap orang harus melakukan segala sesuatunya dengan inisiatif sendiri, segala sesuatu yang berasal dari diri akan lebih cepat dalam membawa perubahan. 

4. Berdaya juang, hal ini sangat diperlukan di mana lingkungan kodrat alam disekitar saya adalah dengan ekonomi menengah ke bawah. saya ingin melihat mereka menjadi pribadi yang kuat. Yang mau membawa perubahan nasib dan membahagiakan orang tua mereka. Yang sudah sangat keras berjuang untuk anak-anak mereka  yang menjadi harapan mereka ke depan untuk hidup yang lebih baik.

5. Inovatif, dengan terus merfikir kritis,  kreatif dan menemukan hal-hal baru akan mengangkat derajat murid menjadi seseorang yang mampu menjawab tantangan zaman. 

6. Lingkungan merupakan tempat kita tinggal. Bagaimana jadinya jika kita tidak menjaganya . Apa yang kita bisa tinggalkan untuk anak cucu kita kelak. Bumi ini harus dijaga dan di pelihara. 

1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif


            Hal yang mencerahkan bagi saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi pribadi saya adalah bahwa saya jadi memahami bahwa saya menjadi termotivasi untuk melakukan perubahan karena ada tujuan yang saya impikan melalui visi pribadi yang saya buat. Banyak hal yang ingin saya inginkan tercapai dari murid saya terkait pengetahuan dan pengalaman yang pernah saya rasakan. 

            Saya membayangkan penerapan Konsep Inkuiri Apresiatif dalam konteks saya sehari-hari selaku pendidik adalah  Menggali kekuatan-kekuatan dan nilai-nilai positif yang telah dimiliki dan menggali apa saja yang perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan bersama dan dilakukan dengan mengumpulkan semua kekuatan yang ada dan perlunya kerja sama semua pihak yang terlibat di dalamnya. Tahapan yang saya lakukan dengan BAGJA yaitu : 

  1. Buat pertanyaan

  2. Ambil pelajaran 

  3. Gali mimpi

  4. Jabarkan rencana 

  5. Atur eksekusi 

inkuiri Apresiatif ini sangat membantu saya hal-hal positif di sekolah dan bagaimana mengembangkan potensi-potensi pada murid untuk mencapai visi yang diharapkan.

Tapin, Nopember 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...