Arsip Blog

Jumat, 07 Oktober 2022

Pemasaran Buku


Pelatihan Belajar Menulis PGRI 

Gelombang ke-27

Pertemuan ke-21

Hari/ Tanggal : Jum'at, 7 Oktober 2022 

Narasumber. : Agus Subardana

Moderator : Muthmainah 

Materi : Pemasaran Buku 

Pemasaran Buku 

"Semua orang akan mati terkecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak”- *Ali bin Abi Thalib*  

Malam ini adalah pertemuan ke-21 dari Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang ke-27. Artinya, Kami semua sudah boleh menyusun naskah resume untuk dijadikan buku solo hasil dari pelatihan tersebut. Ditambah 10 pertemuan lagi nantinya sebagai penguatan.

Buku adalah sebuah proses akhir dari kegiatan menulis. Setelajenwukan penerbit dan buku kita sudah dicetak. Sekarang apa saja langkah yang harus kita ambil untuk memasarkan buku kita. 

Bukan sekedar penunggu perpustakaan atau sebagai koleksi pribadi saja. Bagaimana mengetahui layak tidaknya sebuah buku untuk diperjualbelikan ? Strategi yang bagaimana yang harus dijalankan agar menjadi laris manis dipasaran? 

Mari kita simak pemaparan narasumber sebagai berikut : 

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Jenis – jenis buku yang di terbitkan Penerbit ANDI dikelompokan menjadi 32 kategori produk buku (Kategori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Strategi pemasaran di pengaruhi oleh :

1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya. 


Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 42 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku.

Strategi Pemasaran Buku Penerbit ANDI melalui online, komunitas, door to door dan event to event. 

  • Digital Marketing 


Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. 


Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :

 1. Content marketing berupa blog, podcast, infografik dll. 


2. Search Engine Optimization (SEO). SEO .

Pengguna internet mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.


3. Search Engine Marketing (SEM) Pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.


 4. Social media marketing

 Memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.


5. Email Marketing.  

strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.


6. Instant messaging marketing Memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya. 


 7. Influencer Marketing . 


8. Video marketing 


9. TV. ANDI AKADEMI .

 Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI. 

 10. Bekerjasama dengan marketplace seperti bukalapak, shopee, dll serta moitra / reseller.


 Untuk penjualan buku lewat Online ini perlu dilakukan agar : 

- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 

- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

- Menaikkan penjualan dan profit 

- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 

- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 

- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen 

  • Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Penjualan lewat komunitas akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.  

Penerbit Andi Offset mempunyai Sales Toko Buku disetiap cabang - Cabang besar di Indonesia yang bertugas untuk mendisplay buku, menawarkan produk ke konsumen yang datang ke toko dan melakukan R.O

 

Contoh Display buku

  • Direct Selling

Penerbit Andi mempunyai Cabang di Indonesia sebanyak 96 Cabang dari Aceh s.d Papua. dan Mempunyai Sales / Marketing disetiap cabang tersebut

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

- Kunjungan langsung ke tiap sekolah 

- Kunjungan langsung ke setiap kampus 

- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah 

  • Strategi pemasaran buku dengan Melakukan Event – Event 

Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar, webinar , workshop, Tryout, dan sebagainya. 

Tapin, 07 Oktober 2022


1 komentar:

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...