Arsip Blog

Jumat, 02 September 2022

Resume ke-6 Pelatihan BM PGRI Gelombang 27

Resume ke         :  6 

Pelatihan Belajar Menulis PGRI 

Gelombang         : 27

Hari /Tanggal      : Jum'at, 02 September 2022

Tema                   :  Rahasia Menulis dan Menerbitkan Buku Hingga Berprestasi 

Nara Sumber       : Rita Wati,S.Kom

Moderator           :  Arofiah Afifi

        Malam ini adalah pertemuan keenam di Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang ke-27. Semakin semangat  menuntut ilmu dengan sapaan pantun sang moderator yang begitu menarik, santai dan asyik. Moderator membuka pelatihan dengan do'a bersama agar ilmu yang didapat berkah. Nara sumber memperkenalkan diri ,dan bercerita awal mula beliau menjadi penulis . 

"Hingga pandemi datang saya coba-coba mengikuti kelas BM yang diprakarsai oleh Om Jay ini sehingga ketagihan dan alhamdulillah membuahkan hasil berupa karya buku, hingga bisa duet bareng Prof.Richardus Eko Indrajit dan meraih juara blog dan Guru Inspiratif Terbaik Kemendikbudristek tahun 2021 dan terbaru menjadi salah satu guru dari 160 guru dari Indonesia, Malaysia, Philipina dan Thailand mengikuti AILCoB ICT Virtual Training yang diselenggarakan oleh Institute of APEC Collaborator Educational (IACE) yang bekerjasama antara Kemendikbud dan Kementrian Pendidikan Korea Selatan." Cerita beliau sebagai sesi perkenalan. Motivasi beliau kepada kami bahwa tunggu sampai satu bulan, Insyaallah mimpi kami menjadi penulis akan terwujud.

         Ada 7  Permasalahan yang dirasakan sebagai penulis pemula menurut paparan nara sumber yaitu : 

  • Susah ide
  • Miskin kosa kata
  • Sulit merangkai kata
  • Menunda-nunda
  • Bingung mau menulis apa
  • Tidak Percaya Diri
  • Bingung mau dimulai dari mana
  • Merasa tulisannya jelek tidak layak dibaca  

Kunci dari semuanya itu adalah terletak dalam menulis dan membaca.

Kunci agar kita bisa  menulis dan menerbitkan buku dan berprestasi berdasarkan pengalaman yang disampaikan nara sumber adalah : 

  • Saya harus menentukan tujuan dan motivasi saya menulis,Selama tujuannya baik apapun itu sah-sah saja. Maka jika ditanya tujuan saya menulis ,maka saya akan menjawab saya ingin melakukan sesuatu yang baru diluar kebiasaan saya,saya ingin terus belajar dan meningkatkan kemampuan saya.Motivasi sendiri menurut narasumber ada 4 : 
    • Orientasi Profit yaitu mencari keuntungan sebesar-besarnya.
    • Orientasi Nirlaba yaitu tidak mencari keuntungan sekedar hobby
    • Branding/Promosi agar terlihat profesional
    • Keperluan naik pangkat
  • Dengan tujuan yang sudah saya tentukan.Berikutnya adalah menuliskan apa saja yang pernah saya alami. saya lihat, disekitar saya ,yang saya senangi dan termotivasi untuk menulis. Hal ini sudah saya lakukan dengan mengikuti tantangan menulis setiap hari di Kompasiana.com.
  • Menulis ketika mendapatkan ide segera tanpa menghiraukan pengeditan terlebih dahulu, saya sellesaikan ,simpan baru dilakukan pengeditan.Hal ini perlu dilakukan agar ide yang tercipta tidak menghilang begitu saja. 
  • Melatih menulis setiap hari,yang pada awalnya begitu sulitnya untuk menyelasaikan hingga 100 kata saja,perlahan karena terlatih setiap harinya kemampuan menulis pun meningkat,hal ini diimbangi dengan kegiatan membaca yang meningkat. Dikarenakan ketika kita ingin menulis. Secara tidak langsung.kita harus membaca sebagai tambahan referensi kita untuk menunjang tulisan kita,h ingga akhirnya, penambahan kata ditulisan saya perlahan meningkat.
  • Menulis setiap hari juga bukan hal yang gampang. Terkadang timbul rasa bosan dan kehabisan ide untuk menulis.Terkadang juga banyak ide yang melimpah ruah untuk di tulis.Maka yang saya lakukan adalah mencari sesuatu yang menyenangkan untuk ditulis. Memaksa menulis adalah salah jika hanya menginginkan mencapai target. Ketika banyak yang harus ditulis,simpan saja tulisan tersebut nanti tinggal mengumpulkan tema-tema yang sama untuk di jadikan sebuah buku. 
  • Saat ini setelah berlatih setiap hari. Saya ingin menjadikan tulisan saya sebuah buku. Maka saya memerlukan sebuah daftar isi sebagai acuan untuk menuliskan ide dan gagasan yang terstruktur.
  • Bergabung menulis sebuah buku antalogi telah saya lakukan. Ini adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri saya.
  • Meningkatkan minat baca saya adalah juga salah satu cara menambah pembendaharaan kata dalam menulis. Salah satu caranya adalah mengunjungi tulisan orang lain. Agar kita belajar banyak dari tulisan tersebut. Baik tentang gaya bahasa dan kaidah-kaidah tulisan.Serta bagaimana sebuah tulisan menjadi pilihan pembaca.
  • Jika suatu saat ada sebuah perlombaan. Maka akan saya ikuti sebagai batu loncatan menambah pengalaman. Kemenangan bukan tujuan, akan tetapi proses belajarlah yang menjadi tujuan.
  • Kesalahan yang sering muncul adalah berkaitan kaidah -kaidah dasar penulisan.Untuk itu diperlukan penguasaan tentang ejaan yang benar. 
  • Untuk penulisan buku Non fiksi haruslah bahasa baku tetapi untuk buku fiksi boleh bahasa pergaulan.
  • Pengaturan waktu sangatlah diperlukan. Mengurangi hal yang kurang bermanfaat diganti dengan menulis.Disaat menunggu  anak saya les semisal terkadang dapat inspirasi sambil langsung dituliskan.
Berikut TOC dari buku yang pernah ditulis Narasumber untuk bisa menjadi pembelajaran.

JUDUL BUKU

MANAGEMENT KNOWLEDGE:

(Managemen Kelas Online )

Prof Ekoji & Rita Wati


Bab 1. Pendahuluan / Prolog

Bab 2.  Pengertian

a.         Pengertian Knowledge management

b.         Pentingnya Managemen Knowledge

c.         Strategi managemen knowledge

d.         Menanamkan Knowledge yang Baik

e.         Digital Knowledge

f.          Managemen Kelas Online

 

Bab 3. Technology

a.         Social Network

b.         Groupware

c.         Content management

d.         Telepresence

e.         Semantic technology

Bab 4 Teleconference Kelas Online

a.         E-mail

b.         Whatsapp Group

c.         Webex

d.         Google meet

e.         Zoom

 
Bab 5. Tools Kelas Online

a.         Google Class Room

b.         Blog

c.         Facebook

d.         Team Office

Bab 6. Quiz Online

a.         Kahoot

b.         Mentimeter

c.         Whiteboardfi

d.         Google form

e.         Quizziz

Bab. 7. Integrating Digital Tools in Lesson Plan

Bab  8. Penutup/ Epilog

Daftar Pustaka

 i

Tiada satupun impian yang dicapai,tanpa sebuah pengorbanan. Ketika kita siap menerima sesuatu maka kita akan kehilangan sesuatu. Terinspirasi dari moderator si "Ratu Pantun" terimalah persembahan pantun saya

    Jalan-jalan ke Binuang 
    Mampir sebentar membeli rimpi 
    Sungguh sayang waktu terbuang 
    Mari kita mengejar mimpi 

    Kota Tapin Kota Bastari
    Sebelahnya kota Kandangan
    Untuk Bu Rita terima kasih ilmu yang dibagi 
    Untuk Bu Ovi salam persahabatan

Tapin ,02 September 2022

3 komentar:

  1. Terima kasih resume nya
    Lengkap dan rapi

    BalasHapus
  2. Salah satu point yang membuat pembaca terkesan dengan tulisan adalah opening dan closing, welldone untuk resume yang menarik ini, Keep writing and sharing and don't forget to explore all presentation from the speaker. Pantun closingnya keren

    BalasHapus

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...