Arsip Blog

Rabu, 25 Januari 2023

Webinar Pembuatan Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar


    Tepat pukul 20.00 Wita webinar di PMM oleh MGMP Pai SMP Kaabupaten Cirebon dimulai. Webinat tersebut bisa diikuti oleh semua guru yang mempunyain akun Id. belajar. Sehingga peserta webianar dari seluruh nusantara. Acara webianar diawali oleh Drs. H. Abdurakhman, S.Pd.,MM memimpin acara dan menyapa peserta. Dilanjutkan sambutan oleh Pa Kasi Kemenag Kab. Cirebon, H. Akhmad Khaliq. M.H.I. Dalam sambutannya Pa Kasi  sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Beliaulah yang selama ini memotivasi Komunitas MGMP Pai SMP Kabupaten Cirebon agar terus meningkatkan kompetensinya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Pertanyaan Pemantik  oleh Pemateri, Pa Acep Budi Santosa, M.Pd.
1. Menurut Bapak/ Ibu PMM itu wadah apa ? " PMM tempat kita belajar sepanjang hayat
2. Menurut Bapak / Ibu apa isi PMM selain Pelatihan Mandiri ? " Perangkat ajar, CP dan ATP serta Bukti Karya

Cara membuka PMM bisa diakses dengan mengetik " Merdeka mengajar". https://guru.kemdikbud.go.id/

 
Sesi Tanya Jawab    
1. Bu Lusia Bupu dari NTB  memberikan pengalaman beliau telah mengirim 4 aksi nyata dan sudah dapat 1 sertifikat. 
2. Fita Ridayanti , dari Padang memberikan pertanyaan  "apakah webinar dari komunitas di yang diselenggarakan di PMM ada sertifikatnya ? Belum ada sertifikat dari kemendikbud langsung , mungkin dari komunitas.
3. Nur elya Hasanah,, Berbagi pengalaman beliau bahwa akun beliau karena menjadi admin. belajar. id maka aktiviras beliau sebelumnya yang sebenarnya sudah sampai proses validasinya hilang. Sehingga menurut narasumber, Ibu elya harus mengulang ativitas menggunakan admin, belajar.id.
4.Ratnawati, bertanya " apakah untuk topik " Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan" yang aksi nyatanya hanya bisa dilakukan kepala sekolah, kita guru boleh melakukan aksi nyatanya? sarannya adalah lewati saja kecuali Bapak/ Ibu menjadi kepala sekolah.
5. Supriyatin berbagi pengalaman tentang pelatihan mandiri dari PMM sudah ada 5 yang sudah dapat sertifikat. Lulus validasi karena mencantumkan foto diri dan logo sekolah di halaman depan aksi nyata. 


Dalam topik merdeka belajar , setelah selesai menyelesaikan modul, Kemuidan melakukan aksi nyata. Ada tiga jenis aksi nyata. Pa supriyatin mengambil strategi  merdeka mengajar, metode Daring melalui youtube. kemudian membuat refleksi dan umpan balik dari rekan sejawat sekitar 10 dari WAG dan Telegram dan di SS foto kegiatan. Kalimat refleksi beliau adalah ingin membuat perubahan pada kelas tanpa ada oerintah siapapun. Kendala yang dihadapi adalah internet karena susah sinyal. 

 Cara memudahkan melakukan refleksi , menurut narasumber adalah : 
P pengetahuan yang didapat 
P perasaan yang dirasakan 
P Planning, rencana ke depan
P Peristiwa, Deskripsi kapan, dimana, terjadinya aksi nyatanya 


  Dari tim validator PMM, Guru Penggerak Eli Susilawati berbagi pengalaman beliau :

1. Kerjakan dan sederhana 
2. Pahami rincian tugasnya  sesuai prosesur 
  • Judul
  • ada uraian singkat 
  • dokumentasinya 
  • umpan baliknya harus ada 
  • refleksi kita bagaiman setelah melaksanakan aksi nyata atau mempelajari materi 
  • Disatu filekan berupa pdf atau video tergantung apa yang diminta. 
  • Kendala, perasaan, itu diisi diluar aksi nyata setelah meupload aksi nyata. 
3. Umpan Balik, untuk anak SD kelas 1 atau PAUD boleh hanya berupa emot,  atau video angkat jempol. 
4. Umpan Balik, tertulis bisa geogle form, whats app, dan video.

Jufriadi, bertanya mengapa lama sekali validasi saat ini. Bu eli menjawab ternyata hitungan Januari belum ada kontrak baru untuk tim validator. Apakah dilanjutkan atau rekrutmen baru. Masih masa jeda. Jadi kita jangan khawatir, harus sabar. 





Tapin, 25 Januari 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...