Arsip Blog

Kamis, 05 Januari 2023

Aksi Nyata 1.4 Budaya Positif

 



1. Aksi Nyata dalam mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif di lingkungan sekolah dan kelas.

a. Pembuatan keyakinan Sekolah

    Dilakukan saat kegiatan Jum'at Taqwa. Tiga kesepakatan sekolah yang disepakati dan berasal dari nilai yang  diyakini peserta didik. Tiga keyakinan itu adalah : Menjaga Kebersihan, Saling Menghargai, dan Disiplin. Setelah disepakati , ditulis di kertas karton dan ditanda tangani oleh peserta didik. Mengapa Keyakinan kelas ? Karena hal ini akan menumbuhkan motivasi intrinsik di dalam diri peserta didik. Hal tersebut akan menjadi motivasi jangka panjang. Dikarenakan peserta didik berperilaku dan mengontrol dirinya sendiri dengan nilai yang diyakininya. Berikut Dokumentasi Kesepakatan Sekolah SDN Antasari 


Dokpri


Untuk video kegiatan dapat dilihat dalam link you tube berikut :

https://youtu.be/8H-JcQJs_sA 

b. Penerapan segi tiga restitusi dengan peran sebagai kontrol Manajer. Pada kasus pelanggaran di sekolah. 

Saya melakukannya pada kasus peserta didik yang terlambat datang saat kegiatan "Selasa Dhuha".Berikut gambaran kasus tersebut.

"Ibu Ruby saat kegiatan Selasa Dhuha telah selesai. Beliau melihat Siti Rusdiana murid kelas 6 SD Negeri Anatasari baru datang . Melihat hal tersebut Ibu Ruby memanggill Siti Rusdiana berbicara tentang hal tersebut. Ibu Ruby menanyakan alasan keterlambatan Siti Rusdiana datang ke sekolah. Siti Rusdiana menjawab bahwa dia terlambat bangn Ibu Ruby menanyakan keyakinan yang dimiliki oleh Siti Rusdiana.. menjawab bahwa keyakinannya adalah disiplin. Dia menyadari kesalahannya. Ibu Ruby menanyakan bagaimana cara dia memperbaikinya agar tidak terlambat datang lagi. Siti Rusdiana menjawab dengan memasang alarm dan minta bantu ibu untuk membangunkan. Ibu Ruby menanyakan mau jadi pelajar seperti apa kedepannya Siti Rusdiana menjawab, dia ingin menjadi anak yang disiplin"


Praktik Baik ini telah saya jadikan sebuah aksi nyata pada topik disiplin positif di Platform Merdeka Mengajar. Walaupun saat ini perkembangannya masih dalam proses validasi semoga dapat sesuai harapan dan mendapatkan sertifikat. Silahkan berikan umpan balik pada link berikut : 
https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/178751?topik_name=Disiplin%20Positif&topik_id=2

c. Penerapan pembuatan Kesepakatan Kelas 

Saya melakukan kesepakatan di kelas 6. Mereka menyepakati 4 nilai yang ingin mereka sepakati di dalam kelas. Keyakinan  tersebut adalah : Menjaga kebersihan , saling menghargai, disipin dan saling bekerja sama. Kesepakatan kelas tersebut di tulis di kertas karton dan ditempel di kelas. 

 


Dokpri

Videonya dapat dilihat pada link you tube berikut  : 

Video Pembuatan Kesepakatan Kelas 

Video Penandatanganan Kesepakatan Kelas 

 2. Aksi nyata membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkannya kepada rekan-rekan Guru PAI di Kecamatan Tapin Utara, Lokpaikat dan Piani. 

Berawal dari rancangan aksi nyata di saat koneksi materi berikut : 

Sosialisasi dilaksanakan hari Kamis tanggal 5 Januari 2023 di SDN Antasari , di hadiri oleh Bapak Pengawas Pai, Bapak Drs. Fitri Zulpansyah. Guru PAI di Kecamatan Tapin Utara, Lokpaikat dan Piani serta Dewan Guru SDN Antasari yang berjumlah 22 orang, Acara dipandu Bu Erni, S.Ag. Diawali dengan sambutan Bapak Pengawas. Penyampaian materi dan sesi tanya Jawab.  




Untuk video kegiatan dapat dilihat di link you tube berikut : 


Untuk materi presentasi dapat dilihat di link berikut : 

Tapin, 5 Januari 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...