Arsip Blog

Kamis, 19 Januari 2023

Resume Pelatihan Public Speaking



Resume 3 Pelatihan  Public Speaking

" Kiat Sukses Seleksi Wawancara Calon Guru Penggerak 

Oleh Lely Suryani, S.Pd.SD. Guru Penggerak Angkatan 5  

  

Kiat 1


Kiat yang bisa dilakukan agar lulus sesi wawancara , menurut Bu Lely sebagai CGP angkatan 5 berdasarkan pengalaman beliau adalah : 


  • Mengetahui nilai diri kita, Kita harus mengetahui potensi terbesar kita yang dapat menjadikan kita sebagai Guru Penggerak. Ada 5 peran yang dapat kita maksimalkan dalam diri kita yaitu :berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, inovatif dan reflektif. Nilai-nilai yang sesungguhnya sudah ada pada diri kita sebagai guru. Maka dalam sesi wawancara kita harus mengarah kepada 5 nilai tersebut sebagaimana yang telah kita tuliskan di Essay yang telah kita tulis. 

  • Motivasi diri 

Untuk mengikuti kegiatan guru penggerak ini diperlukan motivasi dari dalam diri. Memang perlu motivasi eksternal yang membangkitkan semangat kita untuk mengikuti program ini. Akan tetapi menurut Bu Lely ingat bahwa motivasinya adalah dari dalam diri yaitu untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. 

  • Apresiasi Diri 

Dalam wawancara hendaknya kita memberikan yang terbaik versi kita. Jadilah diri kita sendiri sebagaimana  kita telah menuliskan di Essay kita yang merupakan berasal dari pengalaman yang benar - benar kita alami. 

  • Percaya diri

jangan ragu untuk menjawab apa yang diberikan pada saat wawancara. Kuasai essay kita. Dan jika hal yang kita tulis merupakan apa yang benar kita alami. Pasti akan menambah kepercayaan diri kita. 

  • Inovasi 

Inovasi harus selalu kita lakukan. Hal ini agar kita tidak diam di tempat. Kemajuan pengetahuan dan teknologi mengharuskan kita selalu guru berkembang dan mengikuti zaman. Agar kita dapat menuntun peserta didik kita untuk mengembangkan kodrat zamannya.  



Kiat 2 

  • Interaksi 

Dalam meningkatkan kemampuan kita untuk mendukung lulus guru penggerak.Menurut Bu Lely kita harus sering berinteraksi dengan kawan sejawat, mengikuti komunitas semisal komunitas menulis. Yang sangat membantu kelak dalam pelaksanaan tugas di guru penggerak. 

  • Tantangan / Kesulitan 

  • Dalam mengikuti program guru penggerak.Tentu kita tak lepas dari tantangan dan kesulitan. Kita harus berdaya penting untuk menghadapi tantangan tersebut. Jangan kalah hanya karena stigma orang lain tentang guru penggerak Jadilah guru yang tergerak , bergerak dan menggerakkan. 

  • Komitmen 

yajin dengan apa yang menurut kita benar. Tetaplah pada atukuan yaitu menjadi guru yang pembelajar. 

  • Hasil 

Segala sesuatu yang telah ditakdirkan untuk kita pasti akan menemukan jalannya. Jadi setelah kita telah maksimal berusaha maka tugas berikutnya adalah berdoa. 


Kiat 3 

Dalam perjalanan mencerdaskan anak bangsa. pasti kita menemui tantangan dan hambatan. Yang memerlukan langkah yang harus kita ambil untuk mengatasinya. Keputusan yang diambil adalah keputusan yang terbaik yang akan berdampak bagi murid. Maka pengalaman - pengalaman tersebut juga akan di tanyakan di wawancara. 


Kiat 4 

Rajin untuk mengikuti dan belajar Hal- hal yang baru untung oe gembangan diri. Terutama hal-hak seperti edit video, blog dan sebagainya. Hal ini nantinya akan sangat berguna dalam kegiatan pendidikan guru penggerak.  


Tapin, 17 Januari 2023 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Refleksi Dwimngguan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak

  Kartu Ucapan selamat dari SDN Antasari Kamis, 03 Agustus 2023 Assalamu'alaikum wr.wb. Salam dan Bahagia Tergerak, bergerak menggerakka...